11.14.2018

Cara Memperbaiki Tv Lg Ultra Slim Protek(Shere Pengalaman)

Baru kali ini saya mendapat projek untuk memperbaiki televisi merek lg ultra slim. Kata pemilik tv, bahawa tv miliknya ini mengalami tanda-tanda layar bergaris pada bab atas layar. Tidak usang lalu tv dikala di hidupkan hanya dapat start beberapa detik saja tanpa mengeluarkan sebercik cahaya lalu mati standby.

Mendengar keluhan menurut tanda-tanda dari sini kita dapat mempunyai citra bab mana yang harus kita oprek nantinya. Bisa ditebak bahwa ini merupakan kerusakan bab vertikal, meskipun tv belum saya buka.

Tv lg Ultra slim ini, kata pemilik tv sudah berusia 7 tahun penggunaan dan belum pernah servis sebelumnya. Makara dikala saya membuaka tv lg ini, debu setebal 2 cm menyelimuti chasis tv.

Setelah saya bersihkan memakai kuas, barulah nampak bab dari komponen tv lg ultra slim. Terlihat pada jalur vcc ic vertikal berasal dari output flyback menyerupai tv polytron slim, namun yang membedakan antara lg ultra slim dengan tv polytron u-slim ialah tegangan output yang digunakan. Jika pada polytron memakai tegangan simetris 12-12 volt maka pada sistem suplay ic vertika lg ultra slim hanya memakai stu vcc sebesar 26 volt yang tertulis di papan pcb kaki flyback.

Kemudian saya eksklusif mengganti elko dan melaksanakan soldering ulang pada bab blog vertikal, tanpa melaksanakan pengukuran tegangan terlebih dahulu. saya kira ini masalahnya persis menyerupai poltron yang biasanya didominasi oleh elko yang mengalami perubahan nilai. Namun ternyata saya salah, alhasil dikala tv dinyalakan masih dalam keadaan protek alias belum berhasil.

Baru lalu saya sadar bahwa pengukuran tegangan memang seharusnya dilakukan pada langkah pertama memperbaiki tv lg ultra slim yang protek ini. Karena pada awalnya memang berfikir menyerupai Polytron..hehehe

Pengkueran tegangan pertama kali saya terfokus pada vcc 26 volt yang ternyata sehabis saya cek hanya terukur 1 volt dc dikala tv dapat start lalu kembali ke mode standby lagi. pengukuran dilakukan secepat mungkin.

Setelah mengetahui tegangan vcc vertikal drop saya mencoba mencabut jumper j303 yang menuju ic vertikal lalu tv saya nyalakan . Terukur tegangan 27 volt dc. Dari sini saya menyimpulkan ada kerusakan pada bab vertikal.

Tidak berfikir panjang eksklusif saja menggnati ic vertikal 78141 dengan ic baru.

Dan ini eksklusif manjur. tv lg ultra slim ini sudah tidak protek lagi...

Sebelum mengganti ic vertikal saya juga sempat mengganti elko c 313, c309,

Tv tidak sempat di foto alasannya ialah pemilik tv menunggu menyerupai layaknya memperbaiki sepda motor. sehingga perbaikan dilakukan secepat mungkin.

Demikian shering saya kali ini mengenai tv lg ultraslim protek supaya bermanfaat.



0 komentar

Post a Comment