7.18.2019

10 Aplikasi Screen Recorder atau Perekam Layar Laptop Terbaik

Perekam layar atau biasa disebut Screen Recording adalah aplikasi yang sangat berguna untuk merekam layar komputer saat kita memerlukannya untuk kebutuhan tertentu, misalnya seperti saat ingin merekam proses editing yang sedang kita lakukan di PC, untuk merekam game yang sedang kita mainkan, untuk merekam aktivitas kamu yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai video tutorial, ataupun untuk kebutuhan lainnya.

recorder
Dengan aplikasi-aplikasi ini, Sobat dapat membuat video tutorial secara profesional. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk merealisasikan ide dan tujuan kamu tersebut. Diantaranya banyak juga lho yang gratis. Sama seperti manusia, masing-masing aplikasi tentu juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang harus sobat perhatikan adalah dukungan format video, kualitas video, dan suaranya.

1. Ezvid
Aplikasi ini merupakan salah satu software perekam layar gratis tanpa watermark. Selain untuk merekam Ezvid memiliki fitur video editing yang bisa langsung digunakan setelah kamu selesai melakukan rekaman. Hebatkan?

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat membuat video perekaman seperti profesional dalam waktu singkat. Kekurangannya kamu membutuhkan PC berkapasitas minimal 10 GB saat instalasi sehingga aplikasi ini tidak cocok untuk PC generasi lama.
2. WM Capture
Dengan WM Capture kamu dapat merekam video dengan mudah. Aplikasi ini juga memiliki fitur schedule recording sehingga kamu dapat menjadwalkan perekaman.

Jadi kamu dapat mengatur agar software screen recorder berjalan otomatis dan dapat merekam acara live streaming ketika kamu tidak menontonnya. Kamu dapat menyimpan hasil rekaman kamu dalam format WMV, DVD-ISO, AVI, MPEG, dan lainnya.
3. ShadowPlay
Aplikasi ini merupakan hardware accelerated screen recording untuk PC berbasis Windows dengan menunggunakan GPU GeForce yang dibuat oleh Nvidia. Yang keren dari Aplikasi screen recorder PC ini adalah mampu merekam mundur ke belakang hingga 20 menit ke belakang.

Kamu hanya perlu menekan shortcut untuk menandakan akhir video dan graphics card akan merekam mundur ke belakang hingga sepanjang 20 menit.

Jadi momen berharga yang terlewat dapat kamu abadikan lagi. Format perekaman dari aplikasi ini adalah MP4 dan menggunaan codec H.264.
4. XSplit Gamecaster
XSplit Gamecaster mempunyai fitur streaming yang hebat. Aplikasi ini mampu menayangkan streaming saat kamu sedang bermain game dengan sangat stabil dan tanpa hambatan.

Dengan satu tombol saja kamu dapat muali merekam. Hebatnya lagi, aplikasi akan menyesuaikan konfigurasi berdasarkan laptop yang kamu gunakan.
5.Dxtory
Aplikasi ini memiliki bobot yang ringan dan juga pengaturnya yang sederhana. Dengan aplikasi ini kamu mampu mengangkat video pada kualitas tertinggi sesuai dengan kemampuan laptop kamu.

Selain itu pengaturan videonya cukup beragam dan sanggup merekam dua secara berbarengan; suara dari game dan suara kamu yang dapa diedit secara terpisah.
6. Open Broadcaster Software
Aplikasi ini merupakan aplikasi screen recorder terbaik yang patut kamu coba. Open Broadcaster Software memiliki tampilan yang sederhana dan memiliki banyak fitur seperti merekam suara dari internal microphone ataupun ekstrnal microphone, merekam webcam bawaan, ataupun webcam eksternal.

Hebatnya kamu dapat menambahkan teks ataupun gambar pada live streaming. Format yang kamu dapatkan dari merekam video dengan aplikasi ini adalah MP4 atau FLV.
7. Action!
Aplikasi screen recorder terbaik yang pertama adalah Action. Aplikasi ini mempunyai keunggulan melakukan streaming secara real-time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD.

Selain itu Action! juga memiliki fitur yang sangat banyak untuk merekam video, dan suara dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan sangat cepat (screenshot) yang sangat cocok untuk memoret gambar untuk tutorial.

8.Icecream Screen Recorder
aplikasi rekam video yang dapat merekam seluruh layar komputer atau bagian-bagian tertentu dari layar. Dengan software ini, kamu bisa merekam webinar yang sedang berlangsung, merekam video call (panggilan video), gameplay dan kebutuhan lainnya melalui antarmuka aplikasi yang sangat mudah digunakan dan user-friendly. Cara merekam video di laptop juga pastinya lebih gampang.

Kelebihan Icecream Screen Recorder:

Dapat merekam video dengan output format MP4, MKV atau format WebM.
Memungkinkan kamu untuk merekam audio bersamaan dengan video.
Bisa rekaman pakai webcam bersama dengan layar perekaman.
Memungkinkan melakukan annotating (menggambar di layar) saat melakukan proses screen recording.
Menawarkan konfigurasi hotkey (shortcut) tombol keyboard untuk Pause (berhenti sejenak), Record (merekam) dan Stop (menghentikan perekaman).
Memungkinkan kamu untuk menyimpan screenshot ke clipboard dengan ekstensi JPG atau PNG.
Ada fitur Project History, dimana kita bisa akses cepat ke gambar dan video yang pernah diambil sebelumnya.

Kekurangan Icecream Screen Recorder:

Pengguna gratis hanya mendapatkan waktu 10 menit untuk perekaman layar.
Dalam versi gratis, hanya menawarkan fungsionalitas dan pilihan editing yang terbatas.
Hasil dari rekaman tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial oleh pengguna versi gratis.

9. Screenpresso adalah aplikasi perekam layar PC yang dapat merekam desktop kamu (seperti screenshot) dan dapat digunakan untuk membuat video HD. Dengan aplikasi ini cara merekam video di PC jadi gampang. Dengan semua fitur canggih, Screenpresso merupakan salah satu perekam layar yang terbaik untuk versi premium, namun pengguna gratis tidak banyak ditawarkan fitur-fitur utama. Meskipun begitu, jangan khawatir, untuk kebutuhan standar aja kamu masih bisa merekam seluruh layar atau daerah tertentu dan bahkan mengelola rekaman kamu dengan mudah menggunakan fitur manajemen dalam aplikasi ini.

Kelebihan Screenpresso:

Memungkinkan perekaman audio dan webcam bersama dengan layar.
Boleh menggunakan hasil capture dan rekaman untuk penggunaan komersial — bahkan dalam versi Screenpresso yang gratis—
Merekam layar dalam format MP4 dengan ukuran ringan dan memungkinkan mengubahnya ke format lain seperti WMV, WebM dan OGG.
Fitur “Quick Access” dimana pengguna bisa mengakses secara cepat proyek-proyek rekaman video sebelumnya. Cara merekam layar laptop jadi lebih cepat.
Adanya fitur pelabelan (memberi label), menyortir (mengurutkan) dan mengedit rekaman ke folder khusus dan mengelola Workspace (ruang kerja) dan Library (perpustakaan) dari hasil rekaman layar kamu baik itu yang berupa foto ataupun video.
Menawarkan fitur Share (berbagi) untuk beberapa layanan termasuk Email, FTP, Evernote, Google Drive, OneDrive, Facebook, Twitter, Dropbox dan lainnya.


Kekurangan Screenpresso:

Tidak ada dukungan untuk Android dalam versi gratisnya.
Rekaman hanya berdurasi 3 menit untuk versi gratis.
Dalam versi gratis kita tidak dapat menghapus watermark dari gambar, video atau dokumen.

10. Bandicam Screen Recorder adalah aplikasi untuk merekam layar PC yang sangat mudah digunakan dan mampu menangkap area tertentu atau layar penuh. Kamu bisa dengan mudah merekam game yang sedang dimainkan, merekam video streaming dan kebutuhan lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa mode seperti Gaming mode (mode permainan), Screen recording mode, dan Device recording mode agar proses perekaman bisa berlangsung maksimal. Cara membuat video di komputer akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Kelebihan Bandicam Screen Recorder:

Aplikasi perekam game ini bisa menyimpan video yang direkam dalam format AVI atau MP4.
Fitur perekaman suara real-time untuk kebutuhan screencasts.
Fitur live drawing atau menggambar daerah dalam layar ketika perekaman sedang berlangsung.
Bisa menambahkan watermark dan overlay webcam saat merekam.
Bisa menambahkan efek klik mouse (suara mouse yang sedang di-klik) atau animasi perekaman sedang berlangsung.
Setting untuk mengoptimalkan proses perekaman menggunakan akselerasi hardware (jika processor komputer kamu mendukung). Cara merekam game di PC dengan aplikasi ini juga mudah, nggak perlu keahlian khusus.

Kekurangan Bandicam Screen Recorder:

Dalam versi gratis aplikasi perekam video PC ini, watermark-nya tidak bisa dihilangkan.
Aplikasi untuk merekam ini memiliki waktu 10 menit saja untuk proses perekaman.

sumber: https://akangteknisi.com/10-aplikasi-perekam-laya-atau-screen-recorder-untuk-laptop/

0 komentar

Post a Comment