7.27.2019

Cara keluar dari mode Fastboot Xiaomi

 Semua smartphone Xiaomi pasti memiliki Mode Fastboot yang memang akan sangat berguna di k Cara keluar dari mode Fastboot Xiaomi

Semua smartphone Xiaomi pasti memiliki Mode Fastboot yang memang akan sangat berguna di kondisi tertentu, maka dengan demikian keberadaan Mode ini bukan tanpa alasan, karena dengan adanya Mode ini maka kalian bisa dengan mudah melakukan Maintenance sendiri, seperti melakukan tindakan Flash dengan menggunakan Mode Fastboot tersebut.

Sebenarnya Mode Fastboot ini juga tidak di sediakan untuk sembarang orang, karena Mode ini memerlukan sebuah pengetahuan lebih terkait metode Flash di jajaran smartphone Xiaomi atau Redmi tersebut.

Mode Fastboot ini sebenarnya memang sudah di sembunyikan oleh pihak Xiaomi agar tidak mudah di akses, hanya saja dalam kondisi tertentu, seperti ketidaksengajaan, maka akan membuat kalian secara tidak sengaja masuk ke dalam Mode satu ini.

Setelahnya, kami yakin kalian pasti akan kebingungan, karena tidak ada Navigasi apapun yang bisa kalian lakukan dalam Mode satu ini, sehingga bagi sebagian pengguna Xiaomi, terjebak dalam Mode satu ini bisa jadi akan membuat penggunannya menjadi berkeringat dingin, karena tidak tahu cara untuk bisa keluar dari Mode tersebut.

Sebelum itu, sebaiknya kalian pahami dulu kenapa sih kalian bisa memasuki Mode Fastboot di Xiaomi tersebut? meski tidak sengaja, pasti ada sesuatu yang telah kalian lakukan, beberapa masalah yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  • Kalian tidak sengaja menekan Tombol Volume Down (-) ketika sedang menyalakan smartphone Xiaomi atau Redmi kalian.
  • Tombol Volume Down (-) rusak, sehingga selalu tertekan kapanpun.
  • Terjadi Brick pada Firmware.

Ke-3 masalah diatas adalah dalang utama yang biasanya menjadi penyebab smartphone Xiaomi atau Redmi kalian masuk ke dalam Mode Fastboot, selanjutnya sebenarnya mudah saja cara keluar dari Mode Fastboot ini, tetapi pada masalah ini harus kita kategorikan menjadi 2 hal, yaitu adalah :

  • Masuk Mode Fastboot karena ketidaksengajaan
  • Masuk Mode Fastboot karena Brick

Dua hal diatas memang membutuhkan solusi yang berbeda juga, tanpa panjang lebar, berikut kami mempunyai cara-cara untuk keluar dari Mode Fastboot Xiaomi dengan mudah, yaitu adalah sebagai berikut :


1. Tombol Power


Sejatinya keluar dari Mode Fastboot adalah perkara yang sangat mudah, kalian hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Power selama kurang lebih 1 Menit.

 Semua smartphone Xiaomi pasti memiliki Mode Fastboot yang memang akan sangat berguna di k Cara keluar dari mode Fastboot Xiaomi

Maka secara otomatis smartphone Xiaomi atau Redmi kalian akan Shut Down secara paksa dan bisa jadi melalukan Restart secara otomatis.


2. Fastboot Driver


Cara kedua ini juga bisa kalian manfaatkan, yaitu kalian tidak perlu menekan Tombol Power, karena semuanya bisa di lakukan dengan perintah yang sederhana saja, tetapi kalian memerlukan beberapa persiapan bahan di bawah ini :


Jika sudah, silahkan sambungkan smartphone Xiaomi / Redmi kalian yang tengah masuk kedalam Mode Fastboot ke PC / Laptop dengan kabel USB.

Setelahnya silahkan bukan CMD dan arahkan ke Direktori Folder Fastboot Driver, lalu masukan perintah ini :

fastboot devices

Jika, smartphone Xiaomi / Redmi kalian sudah tersambung dengan baik ke PC / Laptop, maka untuk membuat smartphone kalian keluar dari Mode Fastboot itu akan sangat mudah, silahkan masukan perintah ini :

fastboot reboot

Setelahnya, secara otomatis smartphone Xiaomi / Redmi kalian akan Reboot / Restart dan akan berjalan dengan normal lagi ke System OS seperti biasa.


3. Cabut Baterai


Cara ini adalah cara yang paling jitu, tetapi perlu sedikit tenaga dalam pengaplikasiannya, karena seperti yang kalian ketahui, sekarang ini hampir semua produk smartphone Xiaomi / Redmi itu di pasarkan dengan design baterai tanam, maka sudah pasti kalian harus membukan Case belakang smartphone Xiaomi / Redmi kalian dulu.

Bagi tipe Xiaomi lawas yang tidak memiliki design baterai tanam, maka kalian bisa melepas baterai smartphone Xiaomi / Redmi kalian dengan sangat mudah, tinggal lepas Case belakang dan lepas Baterai selama 10 Detik, lalu pasangkan lagi dan silahkan hidupkan seperti biasa.

Tetapi, untuk Xiaomi / Redmi terbaru dengan kondisi baterai tanam, maka kalian harus melakukannya dengan extra hati-hati, karena membukan Case belakang smartphone Xiaomi / Redmi itu bukan menjadi perkara yang mudah.

Jika sudah kalian buka, maka silahkan lepas konektor baterai yang terhubung ke Motherboard, biarkan selama 10 Detik dan pasang lagi, setelah smartphone Xiaomi / Redmi kalian mati total, selanjutnya rakit kembali smartphone tersebut seperti asalnya dan silahkan hidupkan kembali.


# Mode Fastboot Brick (Stuck)


Indikasi masalah ini biasanya adalah meski kalian sudah mencoba ke-3 cara diatas, tetapi setelahnya tetap masuk ke Mode Fastboot, maka sudah pasti disini smartphone Xiaomi / Redmi kalian tengah mengalami Brick atau Stuck.

Untuk masalah ini biasanya disebabkan oleh 2 hal dibawah ini :

  • Hardware eMMC lemah / jebol
  • Firmware Error

Jika, kondisi ini baru kalian dapati setelah melakukan Upgrade atau kalian sedang melakukan sesuatu dengan OS MIUI di Xiaomi / Redmi kalian, maka cara termudahnya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan Flash via Fastboot saja.

Hanya saja, metode Flash dengan Fastboot tersebut memerlukan akses Unlock Bootloader terlebih dahulu, tetapi kalian bisa tetap melakukan Flash tersebut dengan cara yang lebih sulit, yaitu dengan menerapkan metode Test Point.

Tetapi, jika setelah kalian melakukan Flash, masalah Stuck di Mode Fastboot ini tidak berakhir juga, maka sudah pasti kerusakan ada pada Hardware dan itu adalah eMMC yang sudah rusak, solusi dari masalah ini yaitu hanya dengan mendatangi tempat reparasi dan mengganti eMMC yang rusak tersebut dengan yang baru.

Nah, dengan demikian itulah cara untuk keluar dari Mode Fastboot Xiaomi / Redmi yang bisa kalian coba sekarang juga, dengan demikian seharusnya kalian tidak perlu panik berlebih dengan masalah yang satu ini, karena sebenarnya masalah ini hanya masalah sepele saja.

Asalkan masalah sebenarnya bukan datang dari kerusakan hardware eMMC yang sudah kami sebutkan diatas, semoga berhasil dan bermanfaat.

Sumber https://www.dadroidrd.com/

0 komentar

Post a Comment