8.14.2019

Cara Menghilangkan Tanggal Di URL Postingan Blog

Mungkin beberapa dari blogger menganggap tambahan tahun dan bulan pada URL postingan blog akan mengurangi daya tarik dari calon pengunjung. Halnya, secara default (bawaan), tanggal dalam bentuk tahun dan bulan akan selalu disertakan dalam URL postingan setelah di-publish. Kita hanya akan mendapati 2 opsi pada kolom Permalink disaat kita sedang membuat postingan. Automatic Permalink dan Custom Permalink. Dari kedua opsi tersebut, mau tidak mau, tanggal disaat postingan di-publish akan selalu disertakan.

Sebenarnya terdapat cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkannya. Kamu tidak perlu bermain dengan javascript atau CSS. Karena, google sudah menyertakan pengaturan yang dapat memberikan kita kebebasan dalam menentukan atau membuat URL dari setiap postingan blog yang kita punya. Dimana letak pengaturannya? Dan, bagaimana cara kita menghilangkan tanggal bulan dan tahun pada alamat postingan blog? Simak tutorial di bawah ini.

  • Log in ke blogger dan masuk ke dashboard.
  • Klik menu Setting (gambar gear, deretan menu seebelah kiri).
  • Setelah sub-menu keluar, klik Other
  • Cari Enable Title Links and Enclosure Links. Kemudian ubah dari No, ke Yes
  • Jangan lupa, setelah itu klik Save setting. Selesai! Hal ini akan menambahkan beberapa pengaturan tambahan disaat kita sedang membuat postingan.
Langkah-langkah di atas adalah cara untuk membuka tambahan pengaturan link disaat kita membuat postingan. Lalu, bagaimana cara membuat URL postingan tanpa tanggal? Simak langkah-langkah berikut.
  • Buat postingan baru. Klik New post
  • Sekarang perhatikan menu di sebelah kiri. Opsi Permalink berubah menjadi Link. Klik
  • Ubah dari Automatic Permalink menjadi Custom Permalink
  • Ketik URL postingan sesuai dengan keinginan kamu. Kosongkan saja bagian title link, enclosure link dan mime type, karena kamu tidak membutuhkannya. Selesai! Selamat, kamu berhasil! Mudah bukan?
Note : Saat secara default pengaturan berada pada Automatic permalink, maka URL postingan akan secara otomatis diambil dari judul postingan, dengan tanggal yang masih ikut disertakan pada URL. Namun, saat kamu memilih Custom permalink, kamu dapat membuat link sendiri secara bebas, tanpa ada tanggal yang disertakan. Untuk menggunakan pengaturan ini, awalnya kamu harus mengaktifkan dulu opsi Enable Title Link and Encloser Link pada settingan blog.

0 komentar

Post a Comment